Friday, March 22, 2013

Pemenang dan Pecundang

minggu 17 maret 2013,, ketika itu seorang pendeta DR.Budianto berkhotbah memeberikan banyak sekali ucapan dan kalimat yang sangat memberkati sekaligus mengkritik. Namun ada satu kalimat yang sangat mengusik nurani saya ketika saat itu beliau menanyakan kepada jemaat "Apa perbedaan pemenang dengan pecundang?"Jika semua jemaat dipersilahkan menjawab mungkin sangat banyak sekali variasi jawaban yang didapat. Jujur saya sendiri sedikit bingung untuk menjawab hal tersebut. Dalam pikiran saya seorang pemenang adalah seorang yang mengangkat piala, seorang yang memperoleh kredibilitas, punya penghargaan dan dipuji atas keberhasilannya. Mungkin itu jawaban terbaik saya yang bisa saya katakan. Namun jauh diluar itu beliau hanya menjawab dengan kalimat yang sangat sederhana namun penuh dengan makna yang luarbiasa. Seorang pecundang adalah dia yang selalu menciptkan masalah tapi seorang pemenang adalah dia yang membawa solusi. Yap dan benar saya semua jemaat tampaknya sedikit berekspresi beda mendengar jawaban tersebut. Mungkin mendengar jawaban tersebut membuat kita seketika merefleksikan diri atas diri kita. Tentunya tidak satupun dari kita yang mau dibilang pecundang namun apakah kita semua termasuk dalam pemenang?? Dari kalimat itu dapat saya artikan bahwa pemenang adalah dia yang membawa perubahan. Perubahan untuk lebih baik dan tidak terus berada dalam arus kesalahan yang sudah mengakar dalam segala lingkaran kehidupannya. Pemenang adalah dia yang bisa menciptkan solusi lebih dari perkataan bahkan solusi bukan untuk dirinya namun untuk keluarga dan teman-teman disekitarnya. Menurut saya orang yang demikianlah yang dapat dikatakan pemenang sejati. So, apakah kita mau terus hidup dan tinggal dalam lingkaran kesalahan yang terus menerus berputar tanpa adanya perubahan atau kita mau keluar dari sana dan menjadi agen perubahan dan menciptakan solusi?? apakah kita akan terus menerus berstatus sebagai pecundang atau ingin sedikit mencoba menjadi pemenang?

No comments:

Post a Comment